Arsip Blog

Kamis, 03 Desember 2009

sinetron badut: sesuai kontrak yang dibuat bersama...(15)

Rabu, 02/12/2009 00:58 WIB

Pemda NTB tetap bayar sesuai SPA

oleh :

JAKARTA: Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan mitranya PT Multi Capital Indonesia-anak perusahaan PT Bakrie Capital Industries-tetap membayar 14% saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara periode 2008-2009 sesuai dengan ketentuan surat perjanjian jual-beli (SPA) saham.



Dirut PT Daerah Maju Bersaing (DMB)-perusda NTB Andy Hadianto mengatakan hingga kini PT Multi Daerah Bersaing masih menunggu surat resmi persetujuan perubahan komposisi saham Newmont dari Departemen ESDM dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebelum melunasi pembayaran saham 2008 senilai US$246,8 juta.



"Sampai sekarang kan belum ada informasi soal izin Departemen ESDM dan persetujuan BKPM. Yang jelas kami [MDB] hanya akan melunasi pembayaran saham divestasi itu sesuai dengan kesepakatan SPA, yakni untuk 7% saham 2008 dulu," ujarnya kepada Bisnis kemarin.



Pemerintah melalui keputusan yang tertuang dalam surat No. 2934/32/ DMB/2009 yang ditandatangani Dirjen Minerbapabum Bambang Setiawan tertanggal 26 November 2009 telah memutuskan pembayaran 14% saham pemilik tambang Batu Hijau itu dengan nilai transaksi US$496,3 juta akan dilakukan satu paket.



Sesuai dengan ketentuan SPA saham divestasi Newmont itu, Newmont dan Pemda NTB melalui perusahaan patungan MDB semula menyepakati pembayaran 14% saham divestasi itu dilakukan secara dua tahap.



Tahap pertama pembayaran, MDB membayar 7% saham Newmont untuk divestasi 2008 setelah BKPM menyelesaikan administrasi jual beli kedua perusahaan tersebut.



Sementara itu, tahap kedua pengalihan 7% saham Newmont program divestasi 2009 akan dilakukan setelah para pemegang saham, yakni NIL dan NTMC menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada pertengahan Desember 2009.



Andy menilai permintaan pemerintah agar pembayaran dilakukan satu paket tentunya menyalahi ketentuan SPA yang sudah ditandatangani.



"Sebenarnya bisa saja, tetapi kedua pihak [Newmont dan MDB] harus menyetujuinya. Persoalannya, apakah SPA-nya harus direvisi?," ujarnya mempertanyakan.



MDB, tambahnya, tetap akan melunasi pembayaran saham divestasi itu sehari setelah surat pengalihan saham itu dikeluarkan oleh BKPM.



Menurut dia, dana pembelian saham itu akan dilakukan Bumi Resources.



Oleh Nurbaiti

Bisnis Indonesia

bisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini