Arsip Blog

Rabu, 16 Desember 2009

sinetron badut: hepi juga dah AKHIRNYA ... 151209

Kepemilikan Newmont Di Batu Hijau Tinggal 35%
15 Desember 2009 | 11:07 WIB

Alan Blank, Executive Vice Pre-
sident, Legal and External Affairs
Newmont. (Taufieq/TAMBANG)
Abraham Lagaligo
abraham@majalahtambang.com

Denver – TAMBANG. Kepemilikan Newmont Mining Corporation (NMC) di tambang emas Batu Hijau, Sumbawa, telah berkurang dari 39,375% menjadi 35,44%. Berkurangnya porsi kepemilikan ini menyusul dilunasinya harga 7% saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) tahun 2008, Senin, 14 Desember 2009. “Hari ini, Newmont menerima pembayaran sekitar USD 139 juta, yang merupakan 56,25% dari harga jual saham divestasi senilai USD 247 juta,” ujar Alan Blank, Executive Vice President, Legal and External Affairs Newmont, kemarin.

Pada hari yang sama Newmont pun telah mengumumkan bahwa perusahaan subsidiarinya, Newmont Indonesia Limited (NIL), bersama Nusa Tenggara Mining Corporation (NTMC) yang merupakan afiliasi Sumitomo Corporation, telah menyelesaikan penjualan saham divestasi 7% PT PTNNT tahun 2008 kepada PT Multi Daerah Bersaing (PT MDB). Yakni konsorsium yang terdiri dari pemerintah daerah propinsi dan kabupaten di mana tambang Batu Hijau berlokasi, dan PT Multicapital, sebuah perusahaan swasta.

Dengan rampungnya proses penjualan saham tersebut, kemarin Newmont menerima pembayaran sekitar USD 139 juta, yang merupakan 56,25% dari harga jual saham divestasi senilai USD 247 juta. Nilai ini merupakan tambahan terhadap USD 220 juta yang telah diperoleh dari hasil penjualan saham 10% PTNNT yang telah diselesaikan pada 16 November 2009.

“Kami gembira penjualan saham divestasi tahun 2008 telah selesai dengan tetap mematuhi kewajiban-kewajiban kami sesuai yang tertuang dalam Kontrak Karya dengan Pemerintah Indonesia ,” ujar Alan Blank lagi.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan mitra-mitra baru untuk kepentingan para pemegang saham dan masyarakat setempat, dengan fokus utama memelihara standar terdepan dalam industri tambang di bidang keselamatan kerja, pengelolaan lingkungan, dan tanggung jawab sosial,” tambahnya.

Rapat pemegang saham PTNNT akan diadakan setelah penyelesaian penjualan saham divestasi tahun 2008 untuk meminta persetujuan pengalihan saham 7% tahun 2009. Selain itu, rapat pemegang saham akan menyetujui Perjanjian Operator Tambang yang sebelumnya telah ditandatangani antara NIL, NTMC dan PTMDB, mempertimbangkan dan meminta persetujuan perubahan nama PTNNT dan menambah jumlah anggota Direksi.

Newmont memperkirakan rapat pemegang saham akan dilakukan pada minggu kedua Januari 2010. Dengan selesainya pengalihan saham divestasi tahun 2008, kepemilikan Newmont di tambang Batu Hijau berkurang dari 39,375% menjadi 35,44%. Selebihnya, saham tambang Batu Hijau dipegang oleh Pukuafu, Sumitomo, dan PT MDB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini