Arsip Blog

Mau Liat Maenan Saham2 gw Hari Ini :

Senin, 14 Desember 2009

sinetron badut: BAYAR TUNAI, beneran (16)

Newmont Selesaikan Divestasi Periode 2008
Kepemilikan Newmont di tambang Batu Hijau berkurang dari 39,4% menjadi 35,4%.
SENIN, 14 DESEMBER 2009, 17:30 WIB
Hadi Suprapto

Konsentrator Batu Hijau, Sumbawa, milik PT Newmont Nusa Tenggara (Newmont )
BERITA TERKAIT
BKPM Teken Pengalihan 7% Saham Newmont
NTB Tanya Kenapa Saham Newmont Belum Berubah
2010-2012, Produksi Emas Newmont Turun
Newmont Masih Tunggu Restu Pemegang Saham
SPA Divestasi Saham Newmont Ditandatangani
Web Tools

VIVAnews - Newmont Mining Corporation (NYSE: NEM) mengumumkan telah menyelesaikan penjualan 7 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara untuk poeriode divestasi 2008 kepada PT Multi Daerah Bersaing. Transaksi itu melalui perusahaan subsidiarinya, Newmont Indonesia Limited, bersama Nusa Tenggara Mining Corporation, afiliasi Sumitomo Corporation.

Sedangkan PT Multi Daerah Bersaing merupakan konsorsium yang terdiri dari pemerintah daerah provinsi dan kabupaten di mana tambang Batu Hijau berlokasi, dan PT Multicapital, sebuah perusahaan swasta di Jakarta. Tambang Batu Hijau berlokasi di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Dengan rampungnya proses penjualan saham hari ini, Senin 14 Desember 2009, Newmont menerima pembayaran sekitar US$ 139 juta, yang merupakan 56,25 persen dari harga jual saham divestasi senilai US$ 247 juta. Nilai ini merupakan tambahan terhadap US$ 220 juta yang telah diperoleh dari hasil penjualan saham 10 persen Newmont Nusa Tenggara yang telah diselesaikan pada 16 November 2009.

“Kami gembira penjualan saham divestasi 2008 telah selesai dengan tetap mematuhi kewajiban-kewajiban kami sesuai yang tertuang dalam Kontrak Karya dengan Pemerintah Indonesia,” ujar Executive Vice President, Legal, and External Affairs Newmont Mining, Alan Blank, dalam keterangannya yang dikirim dari Denver, Amerika Serikat, Senin ini.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan mitra-mitra baru untuk kepentingan para pemegang saham dan masyarakat setempat, dengan fokus memelihara standar terdepan dalam industri tambang di bidang keselamatan kerja, pengelolaan lingkungan, dan tanggung jawab sosial.”

Rapat pemegang saham Newmont Nusa Tenggara akan diadakan setelah penyelesaian penjualan saham divestasi 2008 untuk meminta persetujuan pengalihan saham 7 persen periode divestasi 2009. Selain itu, rapat pemegang saham akan menyetujui Perjanjian Operator Tambang yang sebelumnya telah ditandatangani antara Newmont Indonesia, Nusa Tenggara Mining, dan Multi Daerah Bersaing, mempertimbangkan dan meminta persetujuan perubahan nama Newmont Nusa Tenggara dan menambah jumlah anggota Direksi. Newmont memperkirakan rapat pemegang saham akan dilakukan pada minggu kedua Januari 2010.

Dengan selesainya pengalihan saham divestasi 2008, kepemilikan Newmont di tambang Batu Hijau berkurang dari 39,375 persen menjadi 35,44 persen.

hadi.suprapto@vivanews.com

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini