Arsip Blog

Mau Liat Maenan Saham2 gw Hari Ini :

Jumat, 11 Desember 2009

B(erau_coal)UMI (2) ... 111209

Jumat, 11/12/2009 02:58 WIB

Recapital raih pinjaman dengan bunga 5% dan 8,25%

oleh : M. Munir Haikal

JAKARTA (Bisnis.com) : Recapital Advisors menetapkan bunga pinjaman senilai US$600 juta dengan tingkat bunga bervariasi yaitu 5% dan 8,25%. Dana pinjaman ini digunakan untuk mendukung akuisisi 90% saham PT Berau Coal senilai US$1,48 miliar Recapital telah menunjuk Credit Suisse untuk mencari dan mengatur fasilitas utang hingga US$600 juta.

Pinjaman ini terdiri dalam dua bagian yang disebut sebagai fasilitas OpCo dan HoldCo masing-masing senilai US$300 juta. Fasilitas OpCo akan dibukukan oleh Empire Capital, anak usaha yang dimiliki sepenuhnya oleh Berau, untuk membiayai pelunasan lebih cepat obligasi senilai US$325 juta. Fasilitas HoldCo senilai US$300 juta ditujukan Bukit Mutiara untuk membiayai saham Berau.

Selanjutnya, Bukit Mutiara-- yang merupakan anak usaha Recapital dengan kepemilikan 99,69%--akan menerbitkan surat utang vendor (vendor notes) senilai US$580 juta kepada para pemegang saham Berau, termasuk pemilik sebelumnya yaitu Rizal Risjad.

CEO Recapital Rosan Perkasa Roeslani mengungkapkan bunga pinjaman untuk Empire sebesar US$300 juta ditetapkan sebesar London inter bank offered rate (Libor) ditambah 4,75%.

“Sedangkan pinjaman senilai US$300 juta untuk Bukit Mutiara ditetapkan sebesar Libor ditambah 8%. Saat ini bunga Libor adalah sebesar 0,25%,” paparnya tadi malam.

PT Bumi Resources Tbk memberi pinjaman senilai US$300 juta kepada Recapital Advisors guna membantu pembiayaan transaksi akuisisi 90% saham PT Berau Coal senilai US$1,48 miliar. Transaksi akuisisi 90% saham Berau dibiayai sepenuhnya dari pinjaman dalam berbagai bentuk dan skema. Dokumen struktur pembiayaan akuisisi menyebutkan Recapital mengakuisisi Berau melalui PT Bukit Mutiara.

Anak usaha Recapital dengan kepemilikan sebesar 99,69% ini memperoleh pinjaman subordinasi senilai US$300 juta dari Bumi untuk biaya awal transaksi akuisisi Berau. Dana senilai US$300 juta ini didapat Bumi dari penerbitan obligasi tukar berjangka waktu 7 tahun pada November.

Obligasi ini mempunyai tingkat bunga sebesar 5% per tahun. Selain itu, Bumi juga baru meraup pinjaman senilai US$150 juta dari JPMorgan Chase Bank N.A dan JPMorgan Chase Bank N.A cabang Hong Kong pada awal pekan ini.(mmh)

bisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini