Arsip Blog

Selasa, 22 Desember 2009

amaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnn... 221209

Selasa, 22/12/2009 14:18 WIB

Menhan pastikan investasi di Papua aman

oleh : Mohammad Sofi'i

MALANG (Bisnis.com): Tewasnya Kelly Kwalik, panglima Organisasi Papua Merdeka (OPM), diharapkan akan membuat situasi keamanan di Papua kian kondusif, terutama dalam menjaga dunia investasi di Bumi Cenderawasih.



Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan operasi yang dilakukan aparat keamanan hingga berujung tewasnya Kelly Kwalik tersebut bukan menyikapi ancaman PT Freeport yang akan menarik diri dari Papua, menyusul banyaknya kasus penembakan yang menimpa armada PT Freeport.



“Freeport sudah lama berinvestasi di Papua, dan tidak ada keinginan dari Freeport untuk menarik diri dari Indonesia. Tidak ada keinginan itu [menarik diri], apalagi Papua kaya akan kekayaan alam. Yang jelas situasi investasi dan keamanan di Papua sejauh ini aman dan kondusif, dan pemerintah akan senantiasa menjaga keamanan investasi, termasuk Papua Barat yang menjadi wilayah investasi baru,” kata Purnomo seusai menjadi dewan penguji dalam disertasi program doktoral Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB) Malang hari ini.



Menurut Purnomo, selama ini keberadaan para kelompok separatis di Papua memang mampu mengganggu keamanan. Apalagi, lanjutnya, jalur menuju Freeport mulai Tembaga Pura hingga Kuala Kencana panjang melalui pegunungan dan rawan.



”Operasi keamanan yang dilakukan tersebut dalam rangka menjaga kawasan itu dari gangguan kelompok separatis.”



Menhan menambahkan sebenarnya hal yang sensitif di Papua dan mendapat perhatian serius adalah terkait dengan pengibaran bendera Bintang Kejora pada 1 Desember lalu. Bahkan, Menhan sudah menyempatkan diri datang secara langsung ke Papua Barat, Jayapura, dan Manokwari.



”Saya sudah datang langsung dan kondisi terkait 1 Desember berlangsung kondusif, aman, dan tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan," jelasnya.



Terkait dengan situasi keamanan pascatewasnya Kelly Kwalik, termasuk menjelang Natal dan tahun baru, situasi Papua, menurut dia, relatif aman dan terkendali. Bahkan, lanjutnya, kendali keamanan sepenuhnya diserahkan ke Polri dan belum perlu menambah personel dari TNI AD.



”Sepenuhnya ditangani kepolisian. Hanya saja yang menjadi masalah adalah soal jenazah Kelly Kwalik terkait keengganan keluarga untuk diambil sampel DNA-nya. Namun begitu, masalah tersebut sudah diserahkan ke DPRD dan bupati setempat. Selebihnya situasi keamanan terkendali,” tambah Purnomo.(er)

bisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini