Arsip Blog

Minggu, 06 Desember 2009

bumi 2009 maseh oke lah, kata analis pro ... 061209

05/12/2009 - 15:38
Analis: BUMI Topang Indeks Akhir Tahun
Mosi Retnani Fajarwati

INILAH.COM, Jakarta - Indeks di penghujung tahun 2009 akan berada dikisaran 2.400-2.600, yang masih ditopang oleh saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan sektor perbankan.

Hal tersebut disampaikan pengamat pasar modal, Yanuar Rizky usai diskusi bertema 'Prospek Ekonomi 2010 Pasca Bank Century' di Warung Daun, Sabtu (5/12). "Saham perbankan terutama BBNI (Bank BNI), BMRI (Bank Mandiri), BBRI (Bank BRI), BBCA (Bank BCA), dan saham BNGA (Bank Niaga)," ujarnya.

Sementara untuk BUMI, Yanuar menyatakan sangat berpengaruh besar atas pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) karena menguasai 30% dari 60% kapitalisasi Bakrie Grup di lantai bursa. Sementara sekitar

25% dikuasai sektor perbankan dan sisanya dikuasai sektor lainnya. "Volatilitas BUMI akan berpengaruh pada IHSG, dan IHSG akan berpengaruh pada pergerakan pasar uang," ujarnya.

Yanuar pun menyarankan kepada para pemain pasar, untuk lebih memperhatikan keadaan psikologis pasar ketimbang besar indeks saat awal dan akhir perdagangan harian. "Tidak penting indeks berapa, yang jelas pasar harus tehnikalnya. Tahu kapan untuk berhenti dan tahu kapan bertransaksi," ujarnya.

Sementara untuk kisaran indeks tahun 2010, Yanuar menyatakan ada peluang untuk anjlok dari kisaran akhir tahun ke level 1.800 pada bulan Maret karena adanya risiko fiskal. "Saya masih belum berani bilang, tapi Maret bisa jatuh ke 1.800 karena pada bulan itu Amerika dan Inggris harus menutup rekening rekening fiskalnya (bailout)," ujarnya. [mre/san/cms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini