Arsip Blog

Kamis, 19 November 2009

sinetron badut: DITUNJUK, itu kata yang PALING DITUNGGU bumi ...191109

Kamis, 19/11/2009 00:00 WIB

Bakrie raih 14% saham Newmont

oleh :

JAKARTA: Grup Bakrie melalui PT Multi Daerah Bersaing (MDB) akhirnya yang ditunjuk mengambil 14% saham PT Newmont Nusa Tenggara setelah Pemda NTB dan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) tidak mencapai kesepakatan pembagian porsi saham.



Keputusan itu tertuang dalam surat Dirjen Minerbapabum Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Bambang Setiawan yang ditujukan kepada manajemen Newmont.



Surat dari Ditjen Mineral, Batu bara, dan Panas Bumi No. 3217/87/DJB/2009 tertanggal 18 November berisi Pemda NTB atau badan yang ditunjuk sebagai pembeli 14% saham Newmont untuk divestasi 2008-2009.



Keputusan lahir dari hasil keputusan rapat antara Kantor Menko Perekonomian, Depkeu, Kantor Meneg BUMN, Pemda Nusa Tenggara Barat, kemarin. Sebelum terbit keputusan itu, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral terlebih dahulu memfasilitasi perundingan antara Pemda NTB bersama mitranya PT Multicapital Indonesia (Grup Bakrie) dengan Antam.



Tetapi perundingan kedua belah pihak tidak tercapai kesepakatan. Baik Pemda NTB maupun Antam sama-sama kukuh dengan skema kerja sama yang ditawarkan masing-masing, terutama soal porsi pembagian 14% saham senilai US$493,6 juta itu.



Dirjen Minerbapabum Bambang Setiawan mengemukakan pemerintah sebenarnya telah menawarkan tiga opsi skema kerja sama dan pembagian porsi bagi saham antara Pemda NTB dan Antam sebagai perwakilan pemerintah pusat.



"Keputusannya dari pertemuan tadi [kemarin] adalah proses divestasi 2008-2009 dilanjutkan transaksinya antara pemda dan Newmont karena Antam tidak bisa masuk dalam skema kerja sama yang ditawarkan," ujarnya.



Berkaitan dengan tuntasnya perundingan Pemda NTB dan Antam, dia berharap keputusan penunjukan itu akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan SPA (sales and purchase agreement) 14% saham Newmont dengan segera atau sebelum 23 November 2009. "Sudah beres, tinggal tanda tangan SPA."



Menanggapi kegagalan perundingan itu, Dirut Antam Alwin Syah Loebis tidak menyesalinya. Menurut dia, Antam telah melaporkannya kepada Meneg BUMN Mustafa Abubakar dan telah memahaminya. (Bambang P. Jatmiko/Rudi Ariffianto) (ibeth.nurbaiti@bisnis.co.id)



Oleh Nurbaiti

Bisnis Indonesia

bisnis.com
e-trading:
BUMI: ANTM Mundur, Bakrie Kuasai 14% saham Newmont

Akhirnya, Pemerintah resmi menunjuk Pemda NTB-Multicapital sebagai pemenang dalam 14% saham divestasi Newmont senilai 493,6 juta setelah ANTM resmi mundur dari divestasi tersebut. Sementara itu, hari ini (19/11) merupakan batas terakhir perseroan untuk menjawab pertanyaan BEI terkait pembayaran Newmont yang dilakukan perseroan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini