Arsip Blog

Jumat, 20 November 2009

sinetron badut: melenggang tak terhalang, bumi @ NNT : 201109

20/11/2009 - 12:59
Bakrie Makin Cengkram Newmont
Bastaman


INILAH.COM, Jakarta - PT Aneka Tambang (ANTM) akhirnya mundur dari pembelian 14% saham divestasi NNT. Jatah itu akhirnya dilimpahkan kepada Pemda NTB yang bergandengan dengan Grup Bakrie.

Akhirnya, Bakrie berhasil menguasai 14% saham Newmont Nusa Tenggara (NNT). Kemenangan itu diraih setelah PT Antam dan Pemda Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak mencapai kata sepakat.

Sebelumnya Antam menginginkan porsi 50%, sementara Pemda NTB hanya memberikan bagian 37,5% dari 14% saham divestasi untuk periode 2008-2009.

Karena kedua belah pihak tak mencapai kata sepakat, akhirnya jatah itu dilimpahkan ke Pemda NTB yang sudah bergandengan dengan Multicapital yang notabene merupakan milik Grup Bakrie.

Ini memang bukan kemenangan grastis. Pembiayaan untuk membeli 14% saham tersebut (US$493,6 juta atau sekitar Rp 4,7 triliun) sepenuhnya akan ditanggung oleh pihak Multicapital. Seperti yang sudah-sudah, untuk pengorbanan ini kabarnya Bakrie berhak atas 75% saham atau sekitar 10,5% saham NNT.

Bagi Pemda NTB, Multicapital memang bukan muka baru. Mereka berdua berhasil menyisihkan PT Surya Energi Raya milik pengusaha Surya Paloh dalam perebutan 10% divestasi saham NNT tahap pertama. Dari divestasi tahap pertama ini, Bakrie mendapatkan bagian 7,5%.

Jika ditambah dengan divestasi tahap kedua, berarti kepemilikan Bakrie di Newmont menjadi sekitar 18%. Jika divestasi tahap ke tiga (7%) tahun depan juga dimenangkan oleh Multicapital, berarti paling tidak kepemilikan Bakrie di NNT mencapai total 23,25%. Melampui kepemilikan Jusuf Merukh.

Kemenangan Multicapital itu telah memberikan nilai tambah bagi grup Bakrie di pasar modal, khususnya PT Bumi Resources (BUMI) selaku pemilik 5% saham Multicapital.

Isu Newmont ini sempat menjadi trigger bagi saham Grup Bakrie dalam tiga hari terakhir. Namun sentimen ini mulai melemah pada Kamis (20/11) petang ketika beberapa saham Bakrie sudah ditutup flat.

Seperti BUMI yang ditutup flat di Rp2.625. Demikian pula saham PT Energi Mega Persada (ENRG) stagnan di level Rp290. Kemudian PT Bakrie Telecom (BTEL) naik 1,36% ke Rp148, saham PT Bakrie & Brothers (BNBR) naik 5,2% ke level Rp101 dan PT Darma Henwa (DEWA) melemah 0,5% menjadi Rp187. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini