Arsip Blog

Sabtu, 14 November 2009

mulai trading JANGKA MENENGAH lage bwat bumi ...

13/11/2009 - 09:26
Bayu Aji
‘Speculative Buy’ untuk BUMI!

INILAH.COM, Jakarta – Peluang positifnya sentimen market regional mendorong saham PT Bumi Resources (BUMI), Jumat (13/11) diprediksikan menguat. Speculative buy untuk BUMI!

Bayu Aji, analis dari First Asia Capital mengatakan penguatan BUMI karena kecenderangan bursa regioanal dan global yang menguat. Menurutnya, pelemahan kemarin pun hanya faktor profit taking semata seiring penguatan sebelumnya.

Dow Jones sendiri masih tetap stabil di atas kisaran 10.000 sehingga sentimen market menjadi positif dan mendorong penguatan BUMI hari ini. “BUMI akan menguat ke level resistanceRp2.650 dan 2.200 sebagai support-nya,” katanya kepada Ahmad Munjin dari INILAH.COM, di Jakarta.

Pada perdagangan Kamis (12/11), BUMI ditutup melemah Rp25 (1,03%) menjadi Rp2.400, dengan intraday Rp2.600 dan Rp2.350. Volume transaksi mencapai 750,1 juta unit saham, senilai Rp1,8 triliun dan frekuensi 17.553 kali. Berikut ini wawancara lengkapnya:

Bagaimana prediksi pergerakan BUMI akhir pekan ini?

Potensi penguatan BUMI masih ada, karena regional ada kecenderangan berbalik arah. Pelemahan kemarin pun hanya faktor profit taking semata, seiring penguatan sebelumnya. Dow Jones sendiri masih tetap stabil di kisaran 10.000 sehingga sentimen market menjadi positif dan mendorong penguatan BUMI hari ini.

Akan bergerak di kisaran berapa?

BUMI berpeluang menguat ke level resistanceRp2.650 dan 2.200 sebagai support-nya. BUMI saya lebih rekomendasikan speculative buy.

Sentimen apa yang mempengaruhi pergerakan BUMI, apakah masih dari PT Antam (ANTM) yang mengundurkan diri dari konsorsium divestasi saham PT Newmont?

Iya. Sikap ANTM yang mengundurkan diri dari konsorsium divestasi Newmont, masih menjadi sentimen postif karena BUMI mendapat kesempatan untuk menguasai 17% saham NNT melalui PT Multicapital sebagai anak usahanya.

Dengan mundurnya PT Antam, banyak investor yang menggunakan broker asing untuk masuk lagi di saham BUMI. Tapi, sentimen market akan sangat menentukan pergerakan BUMI, bagaimana investor mengambil keputusan hari ini.

BUMI juga masih mendapat sentimen positif dari target perseroan untuk menguasai 100% saham Herald Resources Pte Ltd akhir 2009 ini. Saat ini, perseroan melalui Calipso Investment memiliki 98,39% saham Herald. BUMI akan membeli 1,61% saham Herald senilai AU$0,93 per saham.

Penguasaan 100% saham Herald juga akan berpengaruh positif pada 2010 setelah terfaktorkan pada kinerja BUMI. Memang untuk jangka pendek tidak berpengaruh terhadap kinerja, namun tetap saja bisa menjadi sentimen positif jangka pendek. Akan menjadi sentimen positif juga saat itu terfaktorkan dalam kinerja, sebelum ada berita baru lain yang mengejutkan.

Apalagi, yang perlu dicermati invsetor?

Pelaku pasar saat ini memperlakukan BUMI hanya untuk trading jangka pendek dengan memanfaatkan pola pergerakannya yang sangat cepat berubah. Karena itu, orang lebih suka berspekulasi untuk masuk ke BUMI. Pelaku pasar lebih melihat situasi secara keseluruhan, bahkan BUMI sendiri biasanya bergerak di luar analis yang diberikan.

Tapi, untuk hari ini sebenarnya investor BUMI mengikuti pergerakan market real time. Pola pergerakan market akan diikuti pola pergerakan BUMI karena BUMI sendiri menjadi motor untuk IHSG sehingga saham lain juga ikut terpengaruh. Pada saat BUMI turun, saham lain pun ikut terkoreksi karena investor akan turut porfit taking di saham lain dan beralih ke BUMI. Di sisi lain, ada juga sebagian investor yang mendorong BUMI karena berkepentingan dengan penguatannya.

Di sisi lain, perlu diperhatikan juga sikap investor ritel di mana mereka tidak mengetahui berita-berita yang ditimbulkan BUMI, tapi jika market Asia dan Global turun mereka akan ambil untung di saham ini. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini