Arsip Blog

Senin, 23 November 2009

sinetron badut: BAYAR TUNAI, beneran (10)

SPA 14% Saham Newmont Diteken Hari Ini
Senin, 23 November 2009 - 06:43 wib

JAKARTA - Penandatanganan perjanjian jual beli (sales purchase agreement/SPA) divestasi 14 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dijadwalkan berlangsung hari ini.

Dengan ditandatanganinya SPA tersebut,maka Pemda NTB dan anak usaha PT Bumi Resources Tbk, yakni PT Multicapital resmi memiliki 14 persen saham NNT melalui . "Besok selesai (SPA)-nya. Penandatanganan dilakukan di Jakarta," ujar Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi dalam pesan singkat di Jakarta kemarin. Direktur Utama PT Daerah Maju Bersaing (DMB) Andy Hadianto memastikan, penandatanganan SPA divestasi saham NNT 14 persen di lakukan hari ini di Jakarta.

Meski demikian belum diketahui kapan Pemda NTB dan PT Multicapital melakukan pembayaran untuk saham senilai USD493.6 juta tersebut. "Insya Allah penandatangannya SPA di Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)," tutur Andy . Sementara itu,Koordinator Komite Penyelamat Kekayaan Negara (KPKN) Marwan Batubara menyesalkan langkah pemerintah yang merelakan 14 persen saham NNT dimiliki oleh kelompok Bakrie.

"Pemerintahan SBY telah dengan sengaja mendukung pemda membeli saham tersebut guna memenuhi kepentingan Multicapital (Grup Bakrie) menguasai saham NNT.Ini berarti bahwa pemerintah telah mengabaikan BUMN dan kepentingan bangsa, serta dapat dianggap telah mengabaikan amanat UUD 1945," ujar Marwan.

Menurut Marwan, seharusnya pemerintah menunjuk Antam sebagai leadkonsorsium, menetapkan porsi saham masing-masing (BUMN & BUMD) dan memfasilitasi terlaksananya divestasi saham NNT hinggamencapai 31 persen. "Akhirnya,KPKN menuntut pemerintah dan DPR agar mayoritas saham divestasi NNT dikuasai oleh BUMN.Untuk itu transaksi antara pemda dengan NNT agar segera dibatalkan," tegasnya.
(Zaenal Muttaqin /Koran SI/css)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini