Arsip Blog

Senin, 16 November 2009

sinetron badut: BAYAR TUNAI, beneran (8)

16/11/2009 - 19:25
SPA 14% Newmont 23 November, Dana Ditransfer 1 Desember
Makarius Paru


(istimewa)
INILAH.COM, Jakarta - President Director PT Newmont Nusa Tenggara, Martiono Hadianto memastikan jika sales purchase agreement (SPA) pembelian 14% saham divestasi PTNNT terjadi pada 23 November mendatang, maka transfer dana diperkirakan pada 1 Desember mendatang.

"Jika pelaksanaan SPA terjadi pada 23 November mendatang, maka transfer dana dari pemerintah ke rekening PTNNT dan Sumitomo diperkirakan terjadi pada 1 Desember mendatang," kata Martiono di Jakarta, Senin (16/11).

Ia melanjutkan, prosesnya sama seperti yang telah terjadi dengan divestasi 10% jatah pemerintah daerah, yang pendanaannya dari mitranya PT Multi Capital. Tetapi kalau proses SPA dipercepat berarti transfer

dana diharapkan dipercepat juga. Nilai saham divestasi 14% diperkirakan mencapai US$493,64 juta.

Sedang perjalanan pelaksanaan SPA 10% saham divestasi, pelaksanaan SPA dilakukan pada 6 November 2009. Kemudian dilanjutkan dengan melengkapi administrasi pemindahan kepemilikan saham ke Departemen ESDM dan ke BKPM.

Kemudian pada 10 November pihak Newmont mendapatkan persetujuan dari Departemen ESDM, dalam hal ini dari Direktur Jenderal Mineral Batubara dan Panas Bumi (Dirjen MinerbaPabum). Setelah itu direkomendasikan

ke BKPM. Pada 12 November kemarin Newmont memperoleh persetujuan dari BKPM. Seharusnya dua hari setelah peroleh persetujuan dari BKPM transfer dana dilakukan. Namun kebetulan hari itu jatuh pada hari Sabtu, maka pembayarannya diundur menjadi Senin ini (16/11).

"Proses untuk deadline transfer dana pembelian saham 14% juga dilalui dengan skema yang sama nantinya," terang Martiono. [cms]
Divestasi 14% Saham
Newmont Minta Pembayaran Sepekan Paska SPA
Untuk batas waktu 23 November, Newmont akan menggunakan proses pembayaran yang sama.
SENIN, 16 NOVEMBER 2009, 18:36 WIB
Arinto Tri Wibowo, Syahid Latif

Konsentrator Batu Hijau, Sumbawa, milik PT Newmont Nusa Tenggara (Newmont )
BERITA TERKAIT
Martiono Tak Lagi Dihantui Divestasi Newmont
Antam Masih Minati Divestasi Saham Newmont
Bumi Bayar Saham Newmont US$ 391 Juta
Persoalan Newmont Tinggal Masalah Bisnis
Hatta: Kami Tak Ikut Campur Nego Antam-NTB
Web Tools

VIVAnews - Newmont Mining Corporation berharap pembayaran pembelian divestasi 14 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) yang menjadi jatah 2008 dan 2009 selesai sepekan sejak batas waktu penandatanganan sales and purchase agreement (SPA) yang ditargetkan pada 23 November 2009.

Newmont serta pemerintah pusat dan daerah sepakat memperpanjang tenggat waktu penandatanganan SPA dari sebelumnya 13 November 2009 menjadi 23 November 2009.

"Untuk batas waktu 23 November, kami akan menggunakan proses pembayaran yang sama (seperti proses PT Multi Daerah Bersaing)," kata Direktur Utama Newmont Pasifik Nusantara Martiono Hadianto di Hotel JW Marriot, Jakarta, Senin 16 November 2009.

Menurut Martiono, proses tersebut berupa pembayaran dilakukan dua hari kerja setelah terbitnya surat persetujuan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) serta rekomendasi menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM).

Jika merunut dari proses pembelian saham Newmont oleh PT Multi Daerah Bersaing (MDB) yang memakan waktu sekitar enam hari kerja, pemerintah pusat dan daerah harus membayar pembelian saham sekitar awal Desember 2009 atau 1-2 Desember 2009.

Namun, Martiono menambahkan, jika hingga 23 November 2009 tidak diperoleh kepastian, pihaknya akan mengembalikan keputusan pembelian saham tersebut kepada pemerintah.

"Pemerintah maunya apa, yang penting menggunakan acuan sesuai kontrak karya," katanya.

Menurut dia, pihaknya selama ini berusaha untuk tidak pernah menyimpang dari ketentuan yang ada.

Mengenai alasan perpanjangan waktu, Newmont mengungkapkan bahwa pada pertemuan 12 November, pemerintah sama sekali tidak menjelaskan alasan perpanjangan waktu itu.

Newmont hanya berharap bahwa perpanjangan waktu tersebut bisa memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk memutuskan pihak yang ditunjuk untuk membeli jatah divestasi 14 persen saham tahun 2008-2009.

"Kami akan tunggu keputusan pemerintah," ujarnya.

arinto.wibowo@vivanews.com

• VIVAnews

Denda Terlambat Bayar Divestasi Newmont 18%
Perhitungan denda yang diberikan untuk keterlambatan pembayaran berlaku per satu hari.
SENIN, 16 NOVEMBER 2009, 18:50 WIB
Arinto Tri Wibowo, Syahid Latif

Kegiatan penambangan tembaga dan emas PT Newmont Nusa Tenggara (VIVAnews/Hadi Suprapto)
BERITA TERKAIT
Newmont Minta Pembayaran Sepekan Paska SPA
Martiono Tak Lagi Dihantui Divestasi Newmont
Antam Masih Minati Divestasi Saham Newmont
Bumi Bayar Saham Newmont US$ 391 Juta
Persoalan Newmont Tinggal Masalah Bisnis
Web Tools

VIVAnews - Newmont Mining Corporation menegaskan PT Multi Derah Bersaing (MDB) harus bisa menyelesaikan pembayaran tepat waktu jika tidak ingin terkena denda sebesar 18 persen per tahun.

"Kalau mereka terlambat bayar, transaksi pembelian tetap berlangsung," kata Direktur Utama PT Newmont Pasifik Nusantara Martiono Hadianto di Hotel JW Marriott, Jakarta, Senin 16 November 2009.

Menurut Martiono, perhitungan denda yang diberikan untuk keterlambatan pembayaran diberlakukan per satu hari. Hal itu sesuai kesepakatan yang tertuang dalam perjanjian sales and purchases agreement (SPA).

Jika menggunakan perhitungan denda sebesar 18 persen per tahun, artinya denda yang dikenakan atas keterlambatan pembayaran adalah satu per 365 hari dari 18 persen dikalikan US$ 391 juta atau mencapai US$ 192.821 per hari.

Kendati demikian, pihak Newmont masih berharap Multi Daerah Bersaing dapat menyelesaikan pembayaran pembelian saham pada hari ini. Jika tidak dapat dilaksanakan, Newmont akan memberikan toleransi keterlambatan pembayaran dalam jangka waktu yang wajar.

"Kalau menurut interpretasi saya, waktu yang wajar itu adalah satu minggu. Itu cukup untuk membereskan masalah administrasi," katanya.

Untuk diketahui, Multi Daerah Bersaing hari ini telah membayar pembelian divestasi 10 persen saham Newmont senilai US$ 391 juta.

Bukti faks transfer dana telah disampaikan perwakilan Multi Daerah Bersaing pukul 15.05 WIB. Namun, bukti faks transfer masih harus menunggu konfirmasi dari bank penerima di Citibank, Amerika Serikat pukul 20.00 WIB dan Mitsui Bank di Tokyo pukul 07.00 WIB esok hari.

arinto.wibowo@vivanews.com

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini