Arsip Blog

Sabtu, 28 November 2009

bolak balik, bumi atawa dmb atawa multi capital BAYAR BENERAN ...281109

27/11/2009 - 11:09
BUMI Fasilitasi Transaksi Newmont 5 Tahun
Susan Silaban


(istimewa)
INILAH.COM, Jakarta - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) akan memfasilitasi PT Daerah Multi Bersaing (DMB) untuk melakukan pembelian saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara dalam waktu 5 tahun.

Demikian diungkapkan SPV Investor Relation Bumi Dileep Srivastava kepada BEI, seperti dikutip INILAH.COM, Jumat (27/11).

Ia menambahkan, biaya pendanaan divestasai saham Newmont yang mencapai US$391 juta dengan tingkat suku bunga pendanaan adalah 12%. Fasilitasi pendanaan ini akan dibayar kembali pada masa penyediaan fasilitas dalam 16 kali cicilan.

"Menyoal jaminan sampai saat ini belum ada aset DMB maupun aset pemegang saham yang digunakan untuk menjamin kewajiban DMB sehubungan dengan pemberian fasilitas pendanaan dari perseroan," tutur Dileep.

Ia menambahkan, waktu penyelesaian transaksi pembelian saham Newmont adalah 2 hari sejak diperolehnya persetujuan dari Departemen ESDM dan Kepala BKPM atas pengalihan saham Newmont kepada DMB. "Multi Capital tidak melakukan pembayaran atas pembelian saham Newmont oleh DMB melainkan Bumi sendiri yang memberikan fasilitas pembayaran itu," tuturnya.

Peningkatan kepemilikan Bumi secara tidak langsung pada Multi Capital dilakukan dengan peningkatan penyertaan tersebut, maka DMB secara akuntansi akan dapat dikonsolidasikan ke dalam perseroan sehingga akan meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan.

Memang, lanjutnya, saat ini Bumi Resources Investment (BRI) memiliki 99% saham Multi Capital, namun mengingat peningkatan kepemilikan BRI dalam PT GR dilakukan dengan cara penerbitakan saham-saham baru dalam PTGR maka perubahan kepemilikan, di mana Bumi akan menjadi pemegang lebih dari 99% dari seluruh saham yang ditempatkan PTGR baru akan efektif setelah diperolehnya persetujuan Menhukam atas perusabhan struktur permodalam tersebut.

"Yidak ada transaksi jika jual beli dalam peningkatan kepemilikan BRI di PTGR karena peningkatan saham tersebut dilakukan dengan cara penerbitan saham-saham dari PTGR yang seluruhnya diambil oleh BRI," pungkasnya.

Untuk meningkatkan kepemilikannya, BRI mengambil bagian atas 180.000 lembar saham baru yang diterbitkan PTGR dengan nilai Rp1 juta per lembar saham. Untuk dana BRI dalam peningkatan kepemilikan di PTGR diperoleh dari Bumi selaku pemegang saham utama BRI. [san/cms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini