Arsip Blog

Selasa, 17 November 2009

sinetron badut: BAYAR TUNAI, beneran (10)

Selasa, 17/11/2009 10:10 WIB
Jual Beli 10% Saham Newmont Tuntas
Nurseffi Dwi Wahyuni - detikFinance


Fasilitas pengolahan Newmont (dok detikcom) Jakarta - Transaksi jual beli saham 10 persen saham divestasi Newmont tahun 2006 dan 2007 telah selesai dilakukan. PT Multi Daerah Bersaing melalui PT Bumi Resources telah benar-benar mentransfer ke rekening pemegang saham asing PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT), yaitu Newmont Indonesia Limited dan Nusa Tenggara Mining Corp (NTMC).

Pengiriman tersebut dilakukan dari Bank Mandiri cabang Singapura ke Citibank cabang New york dan Sumitomo Mitsui Banking Coorporation di Jepang.

"Transaksi jual beli saham 10 persen saham divestasi Newmont tahun 2006 dan 2007 telah dilakukan," ujar juru bicara PT Newmont Pasific Nusantara, Rubi Newmont dalam pesan singkatnya kepada detikFinance, Selasa (17/11/2009).

Rubi menyatakan, dengan selesainya transaksi tersebut, berarti PT Multi Daerah Bersaing telah resmi menjadi pemegang saham di PT NNT.

"PTNNT menyambut baik PT Multi Daerah Bersaing sebagai pemegang saham dan mitra yg baru tambang tembaga dan emas Batu Hijau," jelasnya.

Ia berharap kerjasama yang baik dapat terbina sehingga dapat memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia.

"Bersama-sama kita bisa melanjutkan operasi tambang Batu Hijau sebagai perusahaan yang selalu mengutamakan keselamatan karyawan, pengelolaan lingkungan dan memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia," paparnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Newmont Pasific Nusantara, Martiono Hadianto menyatakan, Multicapital Daerah Bersaing (MDB) telah mentranfer uang sebesar US$ 391 juta kepada pemegang saham asing di PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) untuk pembayaran 10 persen saham divestasi Newmont. Ia mengaku, pada pukul 15,05 WIB kemarin, pihaknya telah menerima fax yang menjadi bukti bahwa pihak MDB sudah membayar 10 persen divestasi saham Newmont.

"Fax bukti sudah tranfer jam 15.05 WIB tadi sudah saya terima. Itu jam 3 pagi waktu New York. Jadi kita akan tahu, apakah masuk atau tidak nanti malam jam 21.00 wib karena di sana jam 9 pagi kita baru tahu dana itu ada di rekening kita," paparnya di hotel JW Marriot, kemarin.

Jika memang uang tersebut sudah masuk ke Newmont dan semua proses berjalan dengan lancar, Martiono menambahkan, maka besok (hari ini)proses transfer saham bisa dilaksanakan dan proses jual beli selesai.

"Posisi kita adalah sama dengan posisi dalam Sales Purchase Agreement (SPA) yang sudah kita tandatangani bahwa yang namanya transaksi terjadi apabila dananya sudah masuk ke rekening kita," ungkapnya.

Namun jika pada pukul 21.00 WIB tersebut, dana tersebut tidak masuk, lanjut Martiono, maka Newmont akan memberikan denda kepada MDB. Dendanya yaitu sebesar 18 persen per tahun dari nilai 10 persen saham tersebut sebesar US$ 391 juta.

"Jadi dendanya sebesar 18 persen per tahun dan itu di bagi per hari (365 hari) selama ia belum membayar," jelasnya.


(epi/qom)
17/11/2009 - 09:50
Dana MDB Masuk Rekening Newmont
Makarius Paru


(istimewa)
INILAH.COM, Jakarta - PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) memastikan dana pembelian 10% saham divestasi dari PT Multi Daerah Bersaing (MDB) sudah masuk ke rekening perusahaan senilai US$391 juta.

"Transaksi untuk jual beli saham 10% jatah divestasi 2006 dan 2007 sudah dilakukan dan sudah masuk (rekening). PTNNT menyambut baik PTMBD sebagai pemegang saham dan mitra yang baru PTNNT dalam mengembangkan tambang tembaga dan emas Batu Hijau," kata Juru Bicara PT NNT Rubi Purnomo kepada INILAH.COM, Jakarta, Selasa (17/11).

Dia menambahkan, baik Newmont maupun MDB akan bersama-sama melanjutkan operasi tambang Batu Hijau, dan sebagagi perusahaan yang selalu mengutamakan keselamatan kerja PT NNT siap bekerjasama dengan pihak PT MDB.

"PT NNT akan terus mengutamakan pengelolaan lingkungan serta terus memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia," terangnya. [hid]
17/11/2009 - 09:10
Tepat Pukul 21.45 WIB MDB Resmi Miliki 10% Newmont
Makarius Paru


(inilah.com /Dokumen)
INILAH.COM, Jakarta - Direktur Utama PT Daerah Maju Bersaing, sekaligus Juru Bicara Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) Andi Hadianto mengatakan Senin pukul 21.45 WIB, DMB bersama Multi Capital resmi memiliki 10% saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT).

"Alhamdulillah tepat pukul 21.45 WIB, MDB resmi sebagai pemegang 10% saham PTNNT. Surat saham-saham sudah diterima, oleh MDB dari PTNNT malam ini juga (Senin malam)," kata Dirut DMB, Andi Hadianto kepada INILAH.COM, Senin (16/11) malam.

Adapun PT Multi Daerah Bersaing (MBD) adalah perusahaan patungan antara Pemda NTB dengan PT Multi Capital, anak usaha PT Bumi Resources milik keluarga Bakrie.

Guna mendapatkan 10% saham tersebut keluarga Bakrie berani merogoh kocek hingga US$391 juta. Dana tersebut semuanya ditanggung Bakrie. Jadi tidak heran lah kalau alamat nomor rekening pengirim dana dari PTMBD berasal dari rekening PT Bumi Resources, pada Bank Mandiri Cabang Singapura.

Dana sebesar US$391 juta oleh Bumi Resources telah dikirim ke rekening PT Newmont International Limited (NIL) sebesar 45%, dengan rekening memakai City Bank, New York. Lainnya ke rekening PT Sumitomo, di Tokyo,

Jepang sekitar 35%-nya.

Sebelumnya, President Director PTNNT Martiono Hadianto mengatakan pihaknya baru bisa memastikan apakah dana dari DMB sampai ke rekening NIL pada pukul 08.00 WIB malam ini (Senin malam).

Sementara untuk ke Rekening Sumitomo, Mitsui Bank, Jepang baru diketahui pagi ini sesuai jam bukanya. [cms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini