Arsip Blog

Mau Liat Maenan Saham2 gw Hari Ini :

Jumat, 20 November 2009

sinetron badut: ayo BURUAN BUGIL ... tukh(2) : 201109

20/11/2009 - 15:20
Beli Newmont, Fuad Minta BUMI Tunjuk 'Appraiser'
Susan Silaban

Fuad Rahmany
INILAH.COM, Jakarta - Bapepam-LK mengimbau dalam transaksi anak usaha PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Multicapital dengan Newmont Nusa Tenggara diperlukan appraiser untuk melihat apakah transaksi tersebut material atau tidak.

"Kalau memang itu menjadi signifikan, tapi biasanya mereka pakai appraiser yang akan bilang nilainya. Kan mereka sudah pengalaman, mestinya mereka sudah tahu lah," ucap Ketua Bapepam-LK Ahmad Fuad Rahmany kepada wartawan usai Sholat Jumat di Bapepam-LK.

Ia pun menyarankan, BUMI sebaiknya memberitahukan kepada pemegang saham publik dalam transaksi Newmont tersebut. "BUMI mau ambil itu urusannya mereka, yang penting mereka mengumumkan kepada publik sebagai perusahaan Tbk, disclosure saja," pungkasnya.

Multi Daerah Bersaing mengaku telah mentransfer dana pembelian 10% saham Newmont senilai US$391 juta pada 12 November 2009. Dana tersebut ditransfer dari rekening atas nama Bumi Resources melalui PT Bank Mandiri Tbk cabang Singapura.

Sebuah transaksi dikatakan transaksi material jika transaksi tersebut nilainya melebihi 20% dari ekuitas perseroan. Sebelumnya selain ketentuan tadi, transaksi yang nilainya melebihi 10% pendapatan

perusahaan juga tergolong transaksi material. [san/cms]

Beli Newmont, Bumi Diminta Jelaskan ke Publik
Jika transaksi dianggap material, Bumi harus melaporkan aksi korporasi itu ke Bapepam-LK.
JUM'AT, 20 NOVEMBER 2009, 14:35 WIB
Arinto Tri Wibowo, Syahid Latif

Kegiatan penambangan tembaga dan emas PT Newmont Nusa Tenggara (VIVAnews/Hadi Suprapto)
BERITA TERKAIT
Bumi Tak Tanggung Kewajiban Multi Daerah
BUMN Masih Usaha Agar Antam Ambil Newmont
Antam Pastikan Mundur Beli Saham Newmont
Menteri Energi Serahkan Putusan pada Antam
Pemerintah Siapkan 3 Opsi Antam Beli Newmont
Web Tools

VIVAnews - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) mengimbau manajemen PT Bumi Resources Tbk (BUMI) untuk mengumumkan kepada publik proses pembelian 10 persen saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara melalui PT Multi Daerah Bersaing.

"Sebaiknya diumumkan agar positif untuk pemegang saham publik," kata Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat 20 November 2009.

Multi Daerah Bersaing mengaku telah mentransfer dana pembelian 10 persen saham Newmont senilai US$ 391 juta pada 12 November 2009. Dana tersebut ditransfer dari rekening atas nama Bumi Resources melalui PT Bank Mandiri Tbk cabang Singapura.

Menurut Fuad, aksi korporasi tersebut harus melihat pada ketentuan mengenai transaksi material atau tidak. Jika dianggap material, perseroan harus melaporkan aksi korporasi tersebut kepada Bapepam-LK.

"Kalau tidak, ya sebaiknya disampaikan agar pemegang saham tahu," ujarnya.

Dia menambahkan, Bapepam-LK tidak bisa melarang aksi korporasi dari emiten di PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Kendati aksi korporasi tersebut diangap tidak baik oleh pemegang saham publik.

Mengenai kewajiban untuk menunjuk tim penilai (appraisal) dalam aksi korporasi tersebut, menurut Fuad, jika memang dianggap signifikan, Bumi perlu menggunakan jasa profesi penilai tersebut.

"Kan mereka sudah pengalaman, mestinya sudah tahu," katanya.

arinto.wibowo@vivanews.com

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini