Arsip Blog

Rabu, 18 November 2009

sinetron badut: yang hepi yang dapat duwit yang terlepas dari beban...

Rabu, 18/11/2009 09:56 WIB

Newmont sambut positif divestasi 10% NNT

oleh : Antara

MATARAM (Antara): Manajemen Newmont Mining Corporation menyambut positif selesainya proses pengalihan (divestasi) kepemilikan 10% saham PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) kepada konsorsium pemerintah daerah dan perusahaan swasta di Indonesia.



"Kami senang dapat menyelesaikan penjualan 10% saham PTNNT yang diwajibkan oleh kontrak karya dengan pemerintah Indonesia," kata Executive Vice President, Legal and External Affairs Newmont Mining Corporation, Alan Blank, dalam keterangan persnya yang diterima Antara di Mataram, hari ini.



Manajemen Newmont Mining Corporation yang berkedudukan di Denver, Amerika Serikat, mengumumkan bahwa anak perusahaannya Newmont Indonesia Limited bersama Nusa Tenggara Mining Corporation (anak perusahaan Sumitomo Corporation), telah merampungkan pengalihan kepemilikan 10%saham PT NNT yang terdiri atas 3% untuk divestasi 2006 dan 7% untuk divestasi 2007.



Pengalihan saham tersebut dilakukan kepada PT Multi Daerah Bersaing (PT MDB), yakni sebuah konsorsium yang terdiri atas pemerintah daerah dan Provinsi Nusa Tenggara Barat, serta PT Multicapital, sebuah perusahaan swasta. Newmont menerima prorata sebesar 56,25% dari total hasil penjualan sebesar US$391 juta.



"Kami sangat ingin bekerja sama dengan mitra baru kami untuk memberikan manfaat bagi para pemegang saham dan masyarakat lokal dengan fokus mempertahankan standar terdepan dalam industri tambang terkait keselamatan karyawan, pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab dan keberlanjutan," kata Blank.



Selain itu, lanjutnya, Newmont dan pemerintah Indonesia pekan lalu telah sepakat untuk memperpanjang batas waktu penjualan dan pengalihan kepemilikan saham divestasi 2008 (7%) dan 2009 (7%) hingga 23 November 2009 untuk memberikan tambahan waktu kepada Pemerintah Indonesia dalam menunjuk pembeli.



Dia mengatakan sebagai bagian dari kesepakatan perpanjangan batas waktu tersebut, Pemerintah Indonesia mengakui bahwa PT NNT telah memenuhi kewajibannya berdasarkan kontrak karya dan putusan arbitrase.



"Kami menghargai upaya Pemerintah Indonesia saat ini, dan PTNNT serta para pemegang saham asing akan terus bekerja dengan itikad baik untuk menyelesaikan proses divestasi," kata Blank.



Menurut dia, Newmont siap menjual dan mengalihkan saham divestasi 2008 dan 2009 kepada pemerintah atau pihak yang ditunjuk hingga 23 November 2009.



Kepemilikan Newmont di cadangan ekuitas terukur dan terindikasi Batu Hijau (4,1 juta ounce emas dan 3,95 miliar pon tembaga sampai 31 Desember 2008) telah berkurang dari 45% menjadi 39,375%.



Pengalihan saham ini menghasilkan perolehan prapajak sebesar sekitar US$100 juta yang akan dimasukkan sebagai peningkatan ekuitas dalam Neraca Konsolidasi Newmont. "Selain itu, Newmont akan terus berkonsolidasi dengan PT NNT," demikian Blank.(ln)

bisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini