Arsip Blog

Mau Liat Maenan Saham2 gw Hari Ini :

Kamis, 19 November 2009

sang capres MENGGORENG mateng bumi dan saudara2nya ...

19/11/2009 - 09:25
Willy Sanjaya
BUMI Bertenaga, ‘Strong Buy’!
INILAH.COM, Jakarta – Besarnya peluang jatah divestasi Newmont yang dilimpahkan ke anak usaha PT Bumi Resources, diyakini akan mendongkrak saham ini pada Kamis (19/11). Strong buy BUMI!

Pengamat pasar modal Willy Sanjaya mengatakan, BUMI hari ini berpotensi menguat seiring mundurnya PT Aneka Tambang (ANTM) dari konsorsium pembelian divestasi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). Hal ini membuka peluang besar PT Multicapital, anak usaha BUMI, untuk mengambil alih.

“BUMI akan mengarah ke level resistance Rp2.750-2.800 dan Rp2.525 sebagai level support kuatnya dan akan berada di level Rp3.200 pada awal Desember dan Rp3.800 di akhir tahun,” katanya kepada Ahmad Munjin dari INILAH.COM, di Jakarta.

Pada perdagangan Rabu (18/11) kemarin, saham BUMI ditutup menguat Rp50 (1,94%) menjadi Rp2.625, dengan intraday Rp2.675 dan Rp2.500. volume transaksi mencapai 341,03 juta unit saham senilai Rp885,2 miliar dan frekuensi 8.530 kali. Berikut wawancara lengkapnya:

Bapepam-LK masih menunggu laporan BUMI terkait pembelian saham divestasi Newmont. Apakah ini akan berimbas negatif pada pergerakan BUMI hari ini?

Tidak akan berpengaruh negatif pada BUMI karena pembayaran pertama sudah dilakukan. Sentimen dari divestasi Newmont sangat positif terhadap BUMI. Apalagi, apabila Antam benar-benar mundur dari konsorsium. Hal itu menandakan jatah Antam akan dilimpahkan ke anak usaha BUMI, PT Multicapital.

Saat ini santer dikabarkan ANTM akan mengundurkan diri dari konsorsium. Berita itu sudah muncul empat hari lalu dan sekarang muncul semakin santer. Namun, untuk kepastian 14% divestasi saham Newmont tersebut, baru pada 20 November ini antara PT Batubara Bukit Asam (PTBA) atau ANTM.

Akan bergerak di kisaran berapa?

BUMI akan mengarah ke level resistance Rp2.750-2.800 dan Rp2.525 sebagai level support kuatnya. Pada awal Desember akan berada di level Rp3.200 dan di Rp3.800 pada akhir tahun.

Bagaimana kemungkinan material dari divestasi Newmont tersebut?

Tetap saja sentimen BUMI sangat positif akibat aksi-aksi korporasinya yang tak terduga. Terlepas dari Newmont pun BUMI sudah mengakuisisi hampir 100% saham Herald. BUMI juga akan memperluas usaha batu baranya lebih luas lagi pada 2010.

Terkait material atau tidak, BUMI sebenarnya sudah memiliki perhitungan. BUMI memang memiliki kejutan tersendiri yang tidak diketahui orang banyak, meskipun banyak pihak yang meragukan keuangan BUMI. Tapi satu hal yang pasti, tahun ini BUMI berhasil membagikan dividen.

Apalagi, BUMI juga telah mendapat kepercayaan dari China Investment Corporation (CIC) berupa pinjaman yang sangat besar senilai US$ 1,9 miliar. BUMI punya perhitungan tersendiri terkait semua aksi korporasinya yang tidak diketahui banyak orang.

Sentimen positif lain?

Posisi Aburizal Bakrie sebagai pemilik The Seven Brothers termasuk BUMI sudah menjadi Ketua Umum Golkar. Artinya, tinggal menunggu dua tahun dari sekarang untuk proses pencalonan jadi RI 1. Pada tahun ketiga dan keempat Abuzal Bakrie siap mendeklarasikan diri sebagai calon presiden di 2014 dan tahun kelima memperebutkan kursi presiden. Semua ini sangat positif bagi BUMI.

Lantas, apa rekomendasi Anda untuk BUMI?

Strong buy dengan target Rp3.800 bisa tercapai di akhir tahun ini. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini