Arsip Blog

Selasa, 24 November 2009

sinetron badut: hepi juga dah AKHIRNYA ... 241109

EKONOMI
23/11/2009 - 20:24
Akhirnya SPA Newmont Diteken
Makarius Paru

Mohamad Zainul Madji
(ist)
INILAH.COM, Jakarta - Setelah seharian penuh menunggu kedatangan perwakilan Newmont dan Pemda NTB untuk penandatangan SPA divestasi 14% saham akhirnyapukul 18.40 WIB dilakukan tertutup.

Puluhan Wartawan yang setia menunggu dari pagi pun mulai sumsringah menghampiri para pihak yang berkepentingan melakukan SPA ini. Sayangnya belum satu pun yang bersedia diwawancarai.

Sebenarnya Pemda NTB melalui Gubernur nya Mohamad Zainul Madji semenjak siang sudah sampai di Gedung MinerbaPabum. Sayangnya, perwakilan dari Newmont International Limited dan Sumitomo belum datang.

Acara yang seyogyanya dilakukan siang hari pun diundur menjadi malam hari. Pelaksanaan SPA pun sempat diragukan untuk jadi dilaksanakan, karena pelaksanaan SPA masih menunggu perwakilan dari NIL yang datang langsung di Amerika serta dari Pihak Sumitomo dari Jepang. Pada pukul 17.30 WIB satu per satu perwakilan dari NIL dan Sumitomo pun menghampiri Gedung Ditjen MinerbaPabum yang terletak di Jalan Soepomo ini.

Representative NIL Alan R Blank, sampai duluan di Gedung Minerba. Setengah jam kemudian perwakilan dari Sumitomo, representative Sumitomo Toru Tokuhisa pun tiba. Acara penandatangan dilakukan tepat pukul 20,07 WIB di lantai lima Gedung Ditjen Minerbapabum. Adapun pihak yang melakukan penandatangan pertama SPA antara lain Direktur Utama Multi Capital Didik, kemudian

diikuti Representative dari pihak PT Newmont Nusa Tenggara yang dilakukan oleh Toru Tokuhisa (perwakilan pemegang saham PTNNT dari Sumitomo), Selain itu Representative dari NIL Alan R Blank juga telah

membubuhkan tandatangannya. Selain itu, Gubernur NTB, President Director PTNNT, Bupati Sumbawa dan Sumbawa barat juga juga ikut membubuhkan tandatangannya.

Acara ini hadiri perwakilan pemerintah pusat, Direktur Perencanaan dan Pengusahaan Mineral Batubara dan Panas Bumi Bambang Gatot, serta pemerintah daerah NTB dalam hal ini diwakili Gubernur NTB Mohamad Z Madji. [hid]

23/11/2009 - 19:39

EKONOMI
23/11/2009 - 19:24
Pembayaran 14% Newmont Ikut Skema 10%
Makarius Paru

INILAH.COM, Jakarta - Proses pembayaran dana pembelian 14% saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) senilai US$493,6 juta dipastikan mengikuti skema pembayaran saham 10% yang lalu.

Hal itu dikatakan Direktur Utama Daerah Maju Bersaing (DMB) dan Juru Bicara Pemprov NTB Andi Handianto di Jakarta, Senin (23/11). "Transaksinya akan mengikuti skema pembayaran sebelumnya, saat transaksi pembelian 10% saham divestasi Newmont," katanya.

Adapun sumber pendanaan tersebut masih berasal di Multi Capital. "Pokoknya dana pembelian sudah siap. Tinggal pembayarannya saja," katanya.

Sayangnya Andi enggan menyebutkan darimana Multi Capital mendapatkan dana untuk pembelian saham 14%. "Kami kan berteman, ngak enak kalau saya yang mengatakan sumber dana Multi Capital," jelasnya.

Pada transaksi dana sebelumnya, PT Multi Capital mentransfer dana pembelian 10% saham divestasi PTNNT senilai US$391 juta melalui Bank Mandiri Cabang Singapura. Keesokannya hari pihak Newmont Internasional

Limited (NIL) mendapatkan uang tersebut di City Bank of New York, sementara dana ke pihak Jepang ditransfer melalui Mitsui Bank, Japan. [hid]

BUMI Resmi Miliki 24% Saham Newmont
Makarius Paru

INILAH.COM, Jakarta - Bumi Resources, melalui PT Multi Capital resmi mendapatkan 24% saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dari jatah 31% saham yang akan didivestasikan sampai 2010.

Saat ini pelaksanaan SPA tengah berlangsung di Gedung Ditjen Minerba, Jl Soepomo Kuningan Jakarta. Seluruh perwakilan dari semua pihak yang terlibat sudah sampai di gedung tersebut.

Adapun pihak Pemda NTB diwakili Gubernur NTB Mohamad Zainul Madji, Perwakilan Newmont International Limited oleh Alan Blank, serta perwakilan dari pihak Mitsbushi juga sudah hadir.

Dengan terlaksananya penandatangan SPA ini berarti keluarga Bakrie resmi mendapatkan 24% kepemilikan saham di PT Newmont Nusa Tenggara dari jatah 31% saham yang akan didivestasikan sampai 2010 mendatang. Sebelumnya, PT Multi Capital bersama Pemda NTB telah menandatangani SPA pembelian 10% saham divestasi Newmont yang menjadi jatah pemda NTB. [hid]

SPA Divestasi Saham Newmont Ditandatangani
Penandatangan disaksikan oleh Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Minerba Bambang Gatot.
SENIN, 23 NOVEMBER 2009, 21:23 WIB
Antique, Ferial

Konsentrator Batu Hijau, Sumbawa, milik PT Newmont Nusa Tenggara (Newmont )
BERITA TERKAIT
Mengapa Pukuafu Akui Telah Beli Newmont
SPA 14% Saham Newmot Ditandatangani Hari Ini
Pukuafu Indah Akui Beli 17% Saham Newmont
Surat Pengunduran Antam Tak Perlu Lagi
Beli Newmont, Bumi Diminta Jelaskan ke Publik
Web Tools

VIVAnews - Perjanjian Jual Beli (Sales and Purchase Agreement/SPA) Divestasi saham Newmont Nusa Tenggara (NNT) 2008 dan 2009 sebesar 14 persen telah ditandatangani antara Multi Daerah Bersaing, Newmont Mining Corporation (NMC), dan Pemprov. Nusa Tenggara Barat.

Penandatangan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Multi Daerah Bersaing (MDB) Didik Cahyanto, VP External Relation Newmont Mining Corporation (NMC) Alan Blank, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi, Vice President Newmont Mining Corporation (NMC) Toru Tokuhisa, President Newmont Pacific Nusantara (NPN) Martiono Hadianto, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Zulkifli Muhadli, dan Bupati Kabupaten Sumba (KS).

Penandatangan juga disaksikan oleh Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral dan Batu Bara (Minerba) Bambang Gatot Ariyono. Penandatanganan itu berlangsung di Kantor Direktorat Jenderal Mineral, Batu Bara dan Panas Bumi Jakarta, Senin malam, 23 November 2009.

antique.putra@vivanews.com

• VIVAnews
Transaksi Divestasi Saham Newmont Diteken Malam Ini
Senin, 23 November 2009 | 20:50 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Perjanjian jual-beli atau sales purchase agreement sebesar 14 persen saham divestasi milik PT Newmont Nusa Tenggara telah ditandatangani pada Senin (23/11) malam ini di Kantor Direktorat Jenderal Mineral, Batu Bara, dan Panas Bumi, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta.

Penandatanganan dilakukan pada 20.10 WIB oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi, Bupati Sumbawa Barat Zulkifli Muhadli, Bupati Sumbawa Jamaluddin Malik, Direktur Utama Newmont Nusa Tenggara Martiono Hadianto, Direktur Utama Multicapital Didik Cahyanto, Vice President Newmont Mining Corporation Toru Tokuhisa, dan VP External Relations Newmont Mining Corporation Alan Blank.

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral dan Batu Bara, Bambang Gatot, hadir dalam penandatanganan tersebut, selaku perwakilan pemerintah pusat.

Dengan kesepakatan ini, maka konsorsium pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat dan Multicapital memiliki saham Newmont sebesar 24 persen. Sisa kepemilikan saham 56 persen dikuasai oleh Newmont Indonesia Limited dan Nusa Tenggara Mining Corporation, serta 20 persen Pukuafu Indah.

"Tadi kami juga menyepakati keinginan pemerintah daerah yang tetap menunjuk Newmont sebagai operator," ujar Martiono. Ia mengatakan, batas waktu penunjukan operator itu berakhir ketika pemegang saham mayoritas Newmont, yaitu Newmont Indonesia Limited dan Nusa Tenggara Mining Corporation berkurang dari 40 persen.

Setelah penandatanganan perjanjian, maka Newmont akan melaporkan pengubahan kepemilikan pemegang saham ini kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal. Tanda tangan ini merupakan proses divestasi saham Newmont periode 2008 (tujuh persen) dan 2009 (tujuh persen).

Martiono mengatakan proses pelepasan saham periode 2009 belum mendapat persetujuan rapat umum pemegang saham. "Secepatnya kami lakukan rapat itu," katanya.

SORTA TOBING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini