Arsip Blog

Selasa, 24 November 2009

bumi SEMAKIN NGUTANG, semakin dijauhi ... 241109

Selasa, 24 November 2009 | 08:21

AKSI KORPORASI BUMI

Obligasi Konversi BUMI Capai US$ 776 Juta



JAKARTA. Akhirnya, PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mengungkapkan lebih detil rencana penerbitan obligasi konversi atau convertible bond sebesar US$ 300 juta. Lewat anak usahanya, Enercoal Resources Pte Ltd, produsen batubara terbesar di Indonesia ini berharap aksi korporasi tersebut rampung Rabu besok (25/11).

Senior Vice President Investor Relations BUMI Dileep Srivastav, mengatakan, pihaknya telah menunjuk Credit Suisse sebagai agen penjual obligasi konversi itu. Bunganya sebesar 5% per tahun, berjangka waktu tujuh tahun, dan jatuh tempo pada 2016.

"Obligasi ini diterbitkan pada premium konversi sebesar 30%," kata Dileep, kemarin. Obligasi konversi tersebut juga memiliki opsi penambahan hingga US$ 50 juta.

BUMI akan menggunakan duit yang diperoleh dari hajatan itu untuk membiayai akuisisi dan investasi di masa depan pada perusahaan-perusahaan tambang. Sebagian dana itu juga akan digunakan untuk modal kerja, dan membiayai transaksi equity swap dengan Credit Suisse.

Sayang, Dileep tak bersedia menjelaskan lebih detil perihal rencana aksi akuisisi BUMI mendatang. Toh, BUMI telah merampungkan pembelian 10% saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) senilai US$ 391 juta. Selain itu, perusahaan ini juga membidik pembelian 14% saham NNT lainnya. BUMI juga dikabarkan meminati tambang batubara milik BHP Billiton di Maruwai, Kalimantan.

Di sisi lain, penerbitan obligasi konversi US$ 300 juta ini akan semakin memperbesar nilai obligasi semacam itu yang disimpan BUMI. Dileep mengaku, hingga kini ada sekitar US$ 776 juta obligasi konversi yang telah diterbitkan BUMI. "Obligasi itu dari tiga kali penerbitan," katanya.

Perinciannya, tahun 2007, BUMI menerbitkan obligasi tukar sebesar US$ 300 juta dan US$ 150 juta. Bunganya 0%. Hingga Juni 2009, obligasi konversi tersebut masih tersisa US$ 101,09 juta.

Pada 5 Agustus lalu, BUMI kembali mengeluarkan obligasi konversi sebesar US$ 375 juta dengan kupon 9,25%, dan jatuh tempo 2014.



Wahyu Tri Rahmawati KONTAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini