Arsip Blog

Selasa, 26 Januari 2010

NNT jalan kencang lage dah ... 260110

Selasa, 26/01/2010 13:46 WIB
Pasca Kecelakaan
Newmont Buka Lagi Tambang Batu Hijau
Nurseffi Dwi Wahyuni - detikFinance


Tambang Batu Hijau Newmont (dok detikcom) Jakarta - PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) telah kembali melakukan aktivitas produksi pasca terjadinya longsor material di lokasi tambang Batu Hijau, Sumbawa Barat pada Minggu, 17 Januari lalu.

"Aktifitas tambang sudah dilakukan, meskipun tidak terlalu normal," ujar Direktur Jenderal Mineral, Batubara dan Panas Bumi, Bambang Setiawan di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (26/1/2010).

Bambang menyatakan saat ini pihak Newmont masih memperbaiki lokasi tambang tersebut dan sudah pada tahap penyelesaian. Ia menambahkan aktivitas produksi tetap dilakukan karena Newmont masih memiliki tumpukan cadangan (stockpile) yang memadai.

Seperti diketahui, seorang pekerja PTNNT tewas akibat kecelakaan tragis di lokasi tambang Batu Hijau, Sumbawa Barat pada Minggu, 17 Januari 2010. Newmont memutuskan untuk menutup tambang itu hingga beberapa waktu.

Pekerja Newmont yang tewas adalah Johanis A. Dawir, yang merupakan operator dozer. Pada saat kejadian, Johanis A. Dawir tengah mengoperasikan dozer dan alat berat tersebut terkena longsoran material.

Lokasi kejadian segera diamankan dan upaya penyelamatan Johanis pun dilakukan dengan cepat. Johanis berhasil dikeluarkan namun dinyatakan meninggal oleh petugas medis yang berwenang jam 02.55 siang.

Newmont dalam siaran persnya, Senin (18/1/2010) menjelaskan, semua kegiatan di sumur tambang telah dihentikan hingga selesainya penyelidikan oleh Departemen ESDM dan PTNNT. Manajemen dan karyawan PTNNT bekerja sama secara penuh dengan pihak ESDM untuk memahami penyebab terjadinya kecelakaan ini.
(epi/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini