Arsip Blog

Minggu, 10 Januari 2010

2010 CERAH di catatan bumi doank kale ... 100110

2010, Kinerja BUMI Belum Tentu Naik
Minggu, 10 Januari 2010 - 09:17 wib
TEXT SIZE :
Widi Agustian - Okezone

Ilustrasi: Tambang Batubara
JAKARTA - Naiknya harga batu bara ternyata tidak menjamin kinerja keuangan PT Bumi resources Tbk (BUMI) juga akan naik selama 2010 ini. Pasalnya, BUMI masih memiliki kontrak yang di-carry over sejak dua tahun lalu.

"Pendapatan relatif tetap karena efek kontrak yang di carry over dari dua tahun lalu," kata analis saham David Cornelius kepada okezone di Jakarta, Sabtu (9/1/2010).

Walaupun tengah berusaha menaikan harga batubara dengan mengejar kontrak baru, nampaknya tidak akan berpengaruh banyak. "Tidak ada yang bisa dilakukan dengan secure," tambahnya.

Dijelaskannya, selain faktor harga batubara yang volatilitasnya tinggi, dirinya lebih memfokuskan diri atas target produksi dan penggunaan dana yang seharusnya lebih kepada core business-nya di batubara.

"Yang penting lebih menempatkan dana yang didapat pada investasi yang akan men-create value dan mempunyai added value di future, ketimbang merusak free cash flow-nya," katanya.

Sementara terkait dengan harga batubara, dia menjelaskan nampaknya masih akan mengalami kenaikan pada beberapa waktu ke depan. "Ini berkorelasi erat juga dengan sang lokomotif, yaitu harga minyak dunia," tambahnya.

Sekadar gambaran, saat ini BUMI baru mengamankan (secure) 35 persen produksi batubaranya dalam kontrak. Dengan demikian, sebanyak 65 persen produksi batubara perseroan belum mendapatkan pembeli (buyer) dan harga yang tetap.

Selanjutnya, perseroan pada April 2010 mendatang akan menandatangi kontrak dengan pembeli asal Jepang. Kontrak ini akan berlaku selama satu tahun, yakni April 2010 hingga Maret 2011 mendatang.

Dengan adanya kenaikan harga batubara di pasar internasional, maka harga jual batubara perseroan di 2010 ini akan melebihi kisaran harga jual perseroan pada 2009, yakni USD70 per ton. Ditanmbah lagi harga spot batubara yang berpotensi menembus level USD100 per ton fob berdasarkan Newcastle Coal Index. (wdi)(css)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini