Arsip Blog

Minggu, 24 Januari 2010

kecelakaan kerja yang diselidiki di NNT-bumi : 240110

23/01/2010 - 16:44
Hujan, Penyebab Longsor di Tambang Newmont
Makarius Paru


(Istimewa)
INILAH.COM, Jakarta - Penyebab insiden longsor di tambang Batu Hijau milik PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) beberapa waktu lalu setelah melalui penyelidikan akhirnya disimpulkan karena tingginya curah hujan.

Demikian dikatakan Direktur Jenderal Mineral Batubara dan Panas Bumi (Dirjen Minerba) Bambang Setiawan kepada INILAH.COM, Jakarta, Sabtu (23/1). “Longsor yang terjadi beberapa waktu lalu di tambang batu hijau disebabkan oleh tingginya curah hujan, alhasil longsor terjadi secara langsung dan tidak bertahap. Menyebabkan alat yang memonitor gerakan tanah tidak bisa mendeteksi gerakan longsor,” kata Bambang Setiawan.

Bambang melanjutkan, terjadinya insiden longsor di mulut tambang memang telah menghentikan aktifitas penambangan. Namun, tidak menghentikan kegiatan produksi karena untuk produksi Newmont mengambil bahan dasar dari stock pile.

Ketika dihubungi terpisah, Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral, Batubara dan Panas Bumi (Ditjen Minerba) MS Marpaung mengatakan sampai saat ini kegiatan penambangan di tambang Batu Hijau masih dihentikan dan akan dilanjutkan untuk beberapa hari ke depan.

Akan tetapi lanjutnya, produksi konsentrat dan tembaga dari pabrik pengolahan tidak berhenti karena mereka memiliki cadangan ‘ore’ atau batuan biji dari stockpile. “Stok ore atau batuan biji yang ada di stock pile bisa tertahap sampai beberapa minggu ke depan,” kata Marpaung. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini