Arsip Blog

Senin, 04 Januari 2010

bumi RI ikut-ikutan ... lage : 040110

03/01/2010 - 12:01
BEI: Right Issue BUMI Boleh, Asal ada Nilai Tambah
Agustina Melani


(inilah.com /Agus Priatna)
INILAH.COM, Jakarta - PT Bumi Resources (BUMI) akan mempertimbangkan penerbitan hingga 10% saham baru atau 1,94 miliar saham dari total saham yang dikeluarkan senilai 19,40 miliar saham, asalkan memberi nilai tambah buat perseroan.

“Penerbitan saham baru tersebut dapat dilakukan asal memberikan nilai tambah untuk perseroan. Kalau tidak ada nilai tambah harus melihat substansi penerbitan saham tersebut,” tutur Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Eddy Sugito, saat ditemui usai acara penutupan perdagangan saham di gedung BEI, Rabu (30/12) lalu.

Menurutnya, berdasarkan peraturan Bapepam-LK, BUMI memungkinkan menerbitkan saham baru sekitar 10%, tapi harus melihat strukturnya secara keseluruhan. Selain itu, penerbitan saham baru juga harus mendapatkan persetujuan dari pemegang saham.

Oleh karena itu, BEI menanyakan penundaan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) kepada BUMI beberapa waktu lalu. Eddy mengharapkan, ada keterangan tambahan dari BUMI. "Kita berharap ada keterangan tambahan dari BUMI," kata Eddy.

Seperti diketahui, BUMI kemungkinan menempuh skema konversi sebagian utangnya kepada China Invesment Corporation (CIC) menjadi saham baru yang akan diterbitkan perseroan. BUMI memiliki pinjaman sekitar US$1,9 miliar dari CIC. Pinjaman itu memberikan bunga 12% per tahun dan internal rate of return 19%. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini