Arsip Blog

Mau Liat Maenan Saham2 gw Hari Ini :

Rabu, 20 Januari 2010

maseh ada yang percaya @3000, di bumi : 200110

20/01/2010 - 10:02
Willy Sanjaya
CIC Akan Lambungkan BUMI


(inilah.com/Agung Rajasa)
INILAH.COM, Jakarta – Rencana kedatangan China Investment Corporation (CIC) dalam waktu dekat, berpeluang mendongkrak saham BUMI pada Rabu (19/1).Strong buy dengan target Rp3.000.

Pengamat pasar modal, Willy Sanjaya mengatakan, penguatan BUMI didukung aksi korporasi yang dilakukan perseroan dengan China Invesment Corporation (CIC) dalam waktu dekat.

“Karena itu, BUMI potential upside -nya akan mengarah ke level resistance Rp2.925 dan Rp2.725 sebagai level support-nya,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta.

Pada perdagangan kemarin Selasa (19/1), saham BUMI ditutup menguat Rp75 (2,75%) menjadi Rp2.800, dengan intraday Rp2.800 dan Rp2.725. Volume transaksi mencapai 153,8 juta unit saham senilai Rp425,3 miliar dan frekuensi 3.420 kali. Berikut wawancara lengkapnya.

Setelah kemarin menguat 2,75%, bagaimana potensi pergerakan BUMI hari ini?

BUMI masih bisa naik, salah satunya karena faktor valuasi saham yang masih murah. Hal ini dapat dilihat dengan membandingkannya terhadap saham lain di sektor pertambangan batubara. Apalagi, jika melihat harga batubara di Newcastle yang sempat menyentuh US$100 per metrik ton saham BUMI masih sangat murah. Meski saat ini harga batu bara turun ke level US$94 per metrik ton, tidak menjadi masalah. Sebab, batubara sudah bergerak di atas kisaran US$90 per metrik ton.

Akan bergerak di kisaran berapa?
Karena itu, BUMI potential upside -nya akan mengarah ke level resistance Rp2.925 dan Rp2.725 sebagai level support-nya.

Sentimen apa yang paling mempengaruhi penguatan BUMI?

BUMI mendapat topangan dari rencana kedatangan China Invesment Corporation (CIC) ke Indonesia dalam waktu dekat. Perusahaan investasi milik pemerintah China ini akan melakukan suatu aksi korporasi dengan BUMI. Kedatangan CIC dipastikan berpengaruh positif ke BUMI. CIC nantinya akan menjadi penggerak utama saham ini dan aksi korporasinya akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Aksi korporasi apa?

Pasar saat ini masih meraba-raba. Sebelumnya kan dirumorkan setelah CIC memberikan pinjaman ke BUMI senilai US$1,9 miliar, CIC diperkirakan akan membeli saham BUMI dengan mengkonvesrsi utang perseroan menjadi saham. CIC akan membeli saham anak usaha Grup Bakrie ini diperkirakan mencapai 15%. Jika hal itu menjadi kenyataan harga saham batubara thermal ini diprediksikan menguat tajam.

Faktor January effect masih berpengaruh?
Tentu, penguatan BUMI juga masih mendapat dukungan dari faktor January effect yang belum berakhir. Karena itu, koreksi harga minyak ke level US$78 dari sebelumnya US$83 per barel  tidak berpengaruh negatif pada saham ini.


Di sisi lain, pasar juga melakukan bargaining di saham ini sebagai antisipasi Rapat Umum Pemengang Saham (RUPS) perseroan yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir Januari ini.

Lantas, apa rekomendasi Anda untuk BUMI?

Saya rekomendasikan strong buy untuk BUMI dengan target di level Rp3.000 untuk akhir bulan ini. [jin/ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini