Arsip Blog

Sabtu, 20 Maret 2010

bumi @NNT dah ... 200310

Newmont Rampungkan Divestasi 7 % Saham PTNNT
18/03/2010 20:57:56 WIB
JAKARTA, investorindonesia.com
Newmont Mining Corporation (NEM) mengumumkan, anak perusahaannya Newmont Indonesia Limited bersama Nusa Tenggara Mining Corporation BV, afiliasi dari Sumitomo Corporation, telah merampungkan penjualan 7 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) untuk program divestasi 2009.

Siaran pers NEM seperti dilansir Antara, Kamis menyebutkan, setelah rampungnya penjualan saham tahun 2009, Newmont menerima dana tunai sekitar 129 juta dolar AS.

Penjualan saham dilakukan kepada PT Multi Daerah Bersaing (MDB), sebuah konsorsium yang beranggotakan perusahaan daerah milik pemerintah kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, dan pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat serta perusahaan swasta PT Multicapital.

Angka itu merefleksikan 56,25 persen dari total nilai penjualan saham sebesar 247 juta dolar, dikurangi penyesuaian dividen sebesar 17 juta dolar yang dibayar ke PT MDB sebagaimana telah ditetapkan di dalam Perjanjian Penjualan Saham.

Dari divestasi saham 2009 ini juga akan diperoleh pendapatan pra-pajak sekitar 50 juta dolar yang dimasukkan sebagai tambahan atas ekuitas pada Neraca Terkonsolidasi Perusahaan.

Seiring dengan rampungnya penjualan saham tersebut, perjanjian kerja sama pengoperasian tambang antara Newmont, NTMC dan PT MDB langsung berlaku.

Berdasarkan perjanjian ini, Newmont dan Sumitomo akan tetap memegang hak untuk menerapkan standar dan praktik pengoperasian, teknik, keuangan Newmont serta standar terkait dalam pengoperasian dan pengelolaan tambang Batu Hijau, selama kepemilikan saham gabungan keduanya lebih besar dari saham PTMDB di PTNNT.

Standar tersebut mencakup bidang keselamatan kerja, perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial.

Berdasarkan Kontrak Karya PTNNT, sisa 7 persen saham PTNNT akan ditawarkan untuk dijual oleh Newmont dan NTMC pada 31 Maret 2010. Setelah itu, kewajiban pelaksanaan divestasi sebagaimana tercantum dalam Kontrak Karya akan selesai.

Seiring dengan telah rampungnya penjualan saham 2009, kepemilikan saham Newmont pada proyek tambang Batu Hijau telah berkurang, yang semula 52,44 persen menjadi 48,50 persen, termasuk 17 persen saham efektif yang diperoleh sebagai jaminan atas pinjaman yang dilakukan oleh PT Pukuafu Indah dan saham langsung Newmont sebesar 31,5 persen.

Sehingga, efek bersih terhadap panduan operasional Newmont 2010 adalah penurunan produksi sekitar 25.000 ounce ekuitas emas dan 20 juta pounds ekuitas tembaga. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini