Arsip Blog

Jumat, 30 Oktober 2009

tebak manggis aja lom tentu BENER ...

Kamis, 29 Oktober 2009 | 07:10

HARGA SAHAM BUMI

Menebak Arah Harga Saham BUMI



JAKARTA. Harga saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dalam beberapa pekan terakhir longsor hebat. Kemarin (28/10) harga saham BUMI amblas 5,88% menjadi Rp 2.400 per saham. Jika menghitung sejak awal bulan ini, harga saham BUMI sudah terperosok 25,58%.

Analis Bahana Securities Katherine Hermawan menduga, penurunan saham BUMI itu merupakan buntut sentimen negatif dari utang BUMI kepada China Investment Corporation (CIC) sebesar US$ 1,9 miliar. "Bunga utang terbilang tinggi, yakni 19% per tahun sehingga membuat sentimen negatif," ujarnya, kemarin.

Bunga setinggi itu akan membebani kas BUMI. Itu menjadi sentimen negatif pertama. Meskipun belakangan ini beredar kabar bahwa BUMI akan menegosiasikan lagi besaran bunga utang itu dengan CIC. Sentimen negatif kedua berasal dari dari kabar mengenai repo saham BUMI seperti telah ditulis KONTAN (Edisi 23 Oktober 2009).

Analis Asia Kapitalindo Securities Wahyu Widarini menilai, rencana induk usaha BUMI, Bakrie & Brothers (BNBR) akan merepokan lagi saham BUMI juga berandil menenggelamkan saham BUMI. Rumor itu mendorong investor menjual saham BUMI.







saat yang tepat untuk berbelanja saham sejuta umat ini



Tapi, menurut Wahyu, justru penurunan harga salah satu anggota The Seven Brothers sekarang ini menjadi saat yang tepat untuk berbelanja saham sejuta umat ini. "Harga wajar saham BUMI Rp 3.300 per saham," imbuhnya.

Lagi pula fundamental BUMI cukup kuat. Kata Wahyu, BUMI merupakan perusahaan batubara dengan cadangan terbesar di Indonesia mencapai 2,1 miliar ton. Jika BUMI memproduksi batubara sebanyak 50 juta ton per tahun, cadangan batubara tadi masih bisa bertahan selama 42 tahun ke depan.

Sementara, Katherine memprediksi, tahun ini kinerja BUMI akan merosot ketimbang tahun lalu. Menurut hitungannya, pendapatan BUMI akan turun 16,6% jadi US$ 2,8 miliar dan laba bersihnya akan turun 48,9% jadi US$ 329 juta. Katherine merekomendasikan tahan saham ini dengan target harga Rp 3.050 per saham.

Secara teknikal, Gina Novrina Nasution, Analis Reliance Securities merekomendasikan beli saham BUMI dalam jangka pendek. Ia menghitung, level support harga saham BUMI Rp 2.325 per saham. Jika level ini tertembus, harga saham BUMI berpotensi anjlok lagi ke Rp 2.125 per saham. Adapun level resistennya di Rp 2.600 per saham.



Abdul Wahid Fauzi KONTAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome All of You

Cari di Blog Ini